Olahan Mie Sagu

Olahan Mie Sagu 1

Indonesia merupakan salah satu negara dengan daerah penghasil sagu yang potensial, daerah seperti papua, maluku, dan termasuk salah satunya riau. Di riau tepat nya di Kuala Kampar, Pelalawan merupakan satu dari beberapa daerah yang menghasilkan sagu. Sagu didaerah ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sekitar, maka tak heran akan banyak sekali olahan olahan sagu yang bisa kita temui di daerah ini.

Sagu ini sebenarnya adalah suatu tanaman yang berbatang besar yang didalam batang tersebut terdapat serat serat yang nantinya diolah menjadi tepung, yang biasa dikenal sebagai tepung sagu. Untuk mendapatkan hasil akhir berupa tepung sagu biasanya melewati beberapa tahapan seperti pemotongan batang, memisahkan isi batang dari kulitnya kemudian isi batang tersebut di giling layaknya penggilingan tebu, dan air nya ditampung, lalu di endapkan beberapa hari, nah hasil endapan tersebut lah nantinya berbentuk bubuk atau tepung

Dari tepung sagu tersebut ternyata bisa dijadikan aneka ragam makanan berdasarkan kreatifitas warga setempat. Kreatifitas inilah yang menambah nilai jual sagu nanti nya di daerah luar termasuk luar negeri. Salah satu bentuk olahan sagu yang paling populer dan terkenal adalah mi sagu. Olahan satu ini adalah hal pertama yang muncul di pikiran kita apabila terdengar kata sagu. Mi sagu salah satu olahan yang banyak di gemari, karena dari mi sagu bisa di olah lagi seperti mi sagu goreng dan pasti nya dengan rasa yang sangat lezat.

Dari mi sagu sebenarnya ada beberapa olahan yang dihasilkan, olahan mi sagu tersebut seperti:

  1. Mi Sagu goreng

Mi sagu goreng dikenal lezat dan gurih, cocok untuk dijadikan lauk dan sejenisnya. Dengan campuran bumbu bumbu khas seperti cabe, garam, bumbu halus dan tambahan bahan bahan seperti ikan teri, telur dan sebagai nya akan menambah kelezatan makanan ini

  1. Mi Sagu Kuah

Olahan yang satu ini akan memanjakan lidah anda dengan perpaduan mi dan kuah yang menyatu dimulut. Bumbu yang di buat dengan bumbu yang sederhana namun menhasilkan cita rasa yang luar biasa

Namun jika kita berbicara tentang pelalawan, bukan hanya mi sagu yang bisa kita dapatkan, melainkan lebih banyak makanan ringan khas pelalawan yang wajib kita ketahui seperti :

  1. Roti jala

Roti jala merupakan makanan yang berbentuk jaring jaring yang makan nya dengan menyiram roti dengan kuah yang telah dibuat, biasanya kuah kambing atau kari ayam. Roti jala biasanya dibuat saat acara acara di tempat tersebut, namun juga ada untuk dijual sebagai penghasilan.

  1. Bolu kemojo

Bolu kemojo adalah makan yang tekstur nya lumayan padat, biasanya berwarna hijau dan berbentuk bunga. Makanan ini termasuk makanan yang sudah lama dari zaman dulu namun tetap eksis hingga sekarang.

  1. Roti canai

Sebenarnya roti canai dan roti jala sama hampir sama, kedua makanan ini sama sama mencampurkan kuah saat akan dimakan, namun roti canai lebih tipis dari roti jala. Ini terjadi karena pada saat pembuatan, adonan di putar putar hingga permukaannya melebar dan menjadi sangat tipis. Proses pembuatan roti canai menjadi suatu tontonan yang sangat menarik dan menyenangkan.

  1. Kue asidah

Nama kue ini lumayan akrab dengan negara arab. Namun siapa sangka, makanan ini memang terinspirasi makanan dari daerah arab. Hanya saja bumbu yang digunakan berbeda. Tekstur kue yang lembut saat dimakan dan dengan taburan bawang goreng dibagian atas kue menambah cita rasa yang sulit dijelaskan.

  1. Lapek bugi

Lapek atau lepat adalah makanan yang dibungkus biasa di dalam daun pisang, yang di tengah tengah nya ada isi tertentu. Nah begitu juga lapek bugi, makanan tradisional zaman kerajaan, dulunya hanya dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Namun saat ini kita semua bisa menikmati kelezatan makanan ini

Selain ada makanan khas pelalawan, di pelalawan juga terdapat cemilan dari pelalawan, tentunya hasil kreatifitas masyarakat pelalawan seperti :

  1. Keripik Nanas

Jika biasanya yang kita ketahui keripik didapat dari bahan dasar singkong, maka anda akan temui suatu hal yang berbeda di pelalawan, nanas bisa menjadi bahan untuk pembuatan keripik di daerah ini. Dan rasanya sangat segar, enak dan gurih. Makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan saat santai bersama teman atau keluarga.

  1. Kue Bangkit

Kue ini akan sering kita temui saat lebaran, karena kue ini termasuk makanan yang bahan bahannya mudah di dapatkan dan proses pembuatan yang sederhana. Tekstur kue ini halus dan apabila dimakan akan dengan mudah hancur didalam mulut.

Itulah beberapa makanan yang bisa kita temui di daerah pelalawan nantinya, saat nya kita kembangkan makanan khas daerah kita, karena cita rasa nya tidak kalah dengan makanan modern saat ini.(Zainal)