Konsep Mind Mapping

Konsep Mind Mapping 1

Pengertian Metode Mind Mapping adalah suatu ilustrasi grafis yang dapat menunjukan suatu konsep yang berhubungan dengan konsep – konsep yang di rancang dengan berurutan yang mudah di pahami. Atau Mind Mapping adalah sebuah metode untuk memanajemen informasi secara keseluruhan melalui pemetaan peta pikiran yang berbentuk percabangan yang di tuangkan secara langsung ke dalam media tulis, baik di kertas ataupun digital. Peta Minda pada umumnya berbentuk suatu percabangan di bagan -bagan. Manfaat dari metode pencatatan menggunakan mind mapping tersebut di antaranya adalah untuk mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatat karena Cuma hanya memakai kata kunci, dan mudahnya itu kita bisa mengingat sesuatu informasi yang utama dikarenakan tema utama terdefinisi sangat jelas di tengah.

Jenis – Jenis Mapping :

  • Mind Mapping Silabus

Jenis yang perlu kita ketahui dari Mind Mapping yang pertama adalah Mind Mapping Silabus atau Mind Map Makro. Mind Mapping Silabus merupakan jenis Mind Mapping yang membantu untuk memberikan gambaran tentang apa yang di ajari dan biasanya Mind Mapping ini di buat dengan ukuran besar dan di temple di dinding.

  • Mind Mapping Bab

Mind Mappping ini di buat berdasarkan rangkaian bab yang sudah di pelajari, tapi harus di ringkas poin yang penting atau garis besarnya saja yaitu untuk mudah mengingat.

  • Mind Map Paragraf

Jenis dari Mind Mapping ini adalah dapat memberikan informasi yang sangat lengkap dikarenakan selain bisa melihat ringkasan disetiap bab, dapat juga mengetahui detail penjelasannya. Nah keuntungan dari menggunakan peta minda paragraph tersebut adalah mind map ini dapat di buat di sebuah buku teks yang kecil.

Pengertian Metode Peta Minda :

Metode pembelajaran berfungsi untuk membantu siswa – siswa agar untuk lebih mudah mempelajari materi – materi pembelajaran. Semakin kreatif metode – metode yang di gunakan tentunya akan semakin memudahkan seorang untuk belajar.

Berikut adalah beberapa hal-hal yang sangat penting dalam membuat peta minda :

  • Pastikan dengan tema yang utama terletak di tengah – tengah.
  • Dari tema yang utama ini, akan muncul tema – tema turunan yang masih terkait dengan tema utama.
  • Carilah hubungan antara tiap tema dan tandai tema dengan sebuah garis, warna ataupun symbol gambar.
  • Gunakanlah variasi huruf besar atau huruf kecil.
  • Buatlah tulisan atau symbol gambar-gambar dengan warna yang bermacam macam.
  • Jangan langsung membuat mind map di kertas yang akan digunakan untuk menggambar. Draft peta pikiran dahulu di kertas buram.
  • Rencanakan tempat untuk peletakan bagan – bagan dan percabangan dengan baik.

Untuk Lebih Jelasnya Cara Membuat Mind Mapping Yang Sederhana Adalah Seperti Berikut Ini :

  • Untuk bisa membuat Mind Mapping itu, kita bisa memulainya dari bagian tengah kertas yang kosong yang sisi panjangnya di tempatkan mendatar. Memulai dari tengah memberikan kebebasan kepada otak agar bisa berkreasi menjabarkan peta pikiran.
  • Gunakanlah gambar atau foto untuk ide sentral. Sebuah gambar yang mempunyai makna seribu kata dan bisa membantu kita memakai imajinasi. Jika satu gambar yang sentral akan jadi lebih menarik. Dan kita tetap focus membantu kita agar berkonsentrasi dan otak kita aktif lebih fresh.
  • Gunakanlah warna, Bagi pikiran kita, warna itu sama menariknya dengan sebuah gambar. Warna akan membuat peta pikiran akan lebih hidup, dan menambah energy kepada pemikiran yang sangat kreatif dan sangat menyenangkan.
  • Agar Mind Mapping kita hasilnya akan lebih maksimal, maka kita memerlukan penghubungan cabang-ke cabang utama ke gambar inti. Di setiap cabang utama dapat dibuat dengan percabangan lagi sesuai pada konsep yang kita bahas. Bila kita menghubungkan cabang-cabang itu, kita jadi lebih mudah ngerti dan ingat.
  • Dalam membuat Mind Mapping, Lebih baik kita itu membuatnya dengan garis hubung yang melengkung, dan bukan garis yang lurus.
  • Ketika membuat peta minda yang kreatif itu kita harus menggunakan satu kata kunci untuk di setiap garis nya. Karena kata kunci tunggal dapat memberi lebih banyak daya dan fleksibilitas kepada peta pikiran.
  • Di dalam membuat peta minda kita tentu perlu menggunakan gambar. Karena di setiap gambar mempunyai makna seribu kata.(Ikhwan)