Asam Pedas Ikan Baung khas Riau

Asam Pedas Ikan Baung khas Riau 1

Di seluruh atau di setiap tanah air pastinya ada masakan tradisional yang memiliki cita rasa yang berbeda-beda begitu juga dengan Masakan Khas Riau. Ketika tetangga anda sedang memasak masakan yang enak tentunya anda akan mencium bau yang harum dan tentunya ingin juga untuk mencicipinya juga. Hal itu juga anda biasa merasakannya jika anda ingin memasak masakan Asam Pedas Ikan Baung Ala Riau.

Provinsi riau mempunyai aliran sungai yang besar yang terdiri dari 4 sungai dan membelah daratan ini dijadikan sebagai nama kabupaten riau. Selain itu riau juga memiliki makanan lho, seperti asam pedas ikan baung khas riau. Asam pedas atau asam padeh ini adalah masakan tradisional minangkabau dan kemudian tersebar di daerah melayu seperti riau, kepulauan riau, jambi, Kalimantan barat dan semenanjung Malaya yang mempunyai rasa asam dan pedas.  Masakan ini juga banyak di sukai banyak orang seperti di daerah riau. Masakan asam pedas ini menggunakan berbagai jenis ikan seperti ikan tongkol, ikan kakap, ikan kembung, dan ikan gurami. Setelah itu makanan ini akan di bumbui dengan asam, cabe, atau rempah-rempah lainnya.

Asam pedas ini merupakan masakan yang memiliki rasa pedas di dalam kuah yang ada di dalamnya dan asam yang dilengkapi dengan sayur sayuran. Di aceh masakan ini jarang di campurkan dengan sayuran melainkan dengan ikan tongkol dan asam keueng. Dan sedangkan di riau asam pedas ini dijadikan sebagai seni memasak masyarakat melayu yang biasanya di campurkan dengan ikan patin, baung, ikan selais dan ikan gambus dan di Kepulauan Riau asam ikan pedas ini sering di campurkan dengan ikan kakap.

Asam pedas ikan baung ini sudah menjadi kuliner di riau yang mendapatkan pengaruh kuat melayu. Riau juga telah menjadikan masakan asam pedas ikan baung ini sebagai penjamuan dalam rangkaian upacara pernikahan, lebaran, khitan atau lainnya

Berikut adalah Cara Memasak Ikan Baung Asam Pedas Khas Riau :

  1. Ambillah bumbu halus yang terdiri dari kunyit serai lalu tumbuk hingga halus dan aduk  hingga kuahnya mengental dengan api yang stabil
  2. Masukkan potongan potongan ikan lalu kurangi besar apinya
  3. Setelah ikannya terasa matang dan tentunya kuahnya pasti lebih kental, lalu angkat masakannya dari kompor dan siapkan mangkok yang bersih dan tuangkan masakan asam pedas itu.
  4. Setelah masakan itu di sajikan di mangkok untuk memperindah atau memperlezat masakan anda tambahkan tirisan bawang merah yang sudah digoreng
  5. Setelah itu masakan anda bisa di makan, dan lebih baik di makan dengan nasi putih

Itulah cara membuat masakan asam pedas ikan baung dan enak di makan dengan hangat. Ikan baung ini mempunyai rasa daging yang dengan tekstur yang lembut dan pastinya sangat mengundang selera pelanggan untuk ingin mencicipinya. Anda tidak perlu ragu untuk membuatnya karena saat ini di Pekanbaru terdapat banyak rumah makan yang menyediakan asam pedas ikan baung ini. Jadi orang banyak pergi ke rumah makan untuk mencicipi masakan asam pedas ikan baung.  Sajian asam pedas ikan baung ini membuat rumah makan menjadi ramai pengunjung karena kelezatan asam pedas ikan baung. Sehingga rumah makan yang terletak di Jalan Jendral Sudirman menghabiskan 30 sampai 40 kg ikan baung untuk per harinya.(Satria)